Minggu, 09 Maret 2014

Pengertian Teknologi Analog dan Teknologi Digital


Teknologi analog adalah suatu bentuk perkembangan teknologi sebelum berkembangnya teknologi digital. Pada dasarnya analog merupakan perkembangan teknologi yang masih menggunakan sistem yang manual, dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja.
Sedangkan teknologi digital adalah teknologi yang dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Tetapi lebih cenderung pada sistem pengoprasian yang serba otomatis dan canggih dengan system komputeralisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.
Perbedan Sinyal Analog dan Digital


Perbedaan paling mendasar dari Analog dan Digital adalah pada bentuk gelombang sinyal masing-masing. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu:
  1. Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. 
  2. Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. 
  3. Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.
Data Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh factor “pengganggu”. Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat variable yang berurutan. Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang elektromagnetik.
Sedangkan sinyal digital mempunyai bentuk gelombang persegi atau kotak.Bentuk gelombang sinyal listrik bisa dilihat dengan alat bernama osiloskop. Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba. sinyal digital hanya memiliki dua sinyal yaitu 0 dan 1 atau hidup dan mati. Tidak  ada nilai selain itu atau di antaranya misal ½, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Teknologi digital merupakan teknologi yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dimana teknologi ini bisa bekerja secara otomatis dan menggunakan teknologi yang canggih. Teknologi digital merupakan kunci masa depan ini lebih praktis daripada teknologi analog.
Penerapan Teknologi Pengendalian Berbasis Analog dan Digital
Berbagai alat yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan alat yang sudah biasa kita gunakan (radio, komputer, dan telepon). Berbagai alat tersebut pada mulanya ditemukan dengan memakai sistem yang berbasis analog, tapi karena adanya perkembangan teknologi dan penemuan teknologi digital sehingga membuat alat-alat sederhana seperti yang disebutkan di atas tersebut menjadi semakin canggih karena sekarang kebanyakan pengoperasiannya menggunakan system berbasis digital.
sumber : http://niakumala.blogspot.com/2013/01/ujian-pratek-tik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar